Sampel artikel kiriman dari Medscape (provokasi mode on)

Kalo anda membaca artikel saya yang lain (how to keep…), maka anda bisa membedakan tujuan dari: 1. pencarian artikel langsung lewat general search engine (google, yahoo, bing, dll), maupun scientific-based atau health-specific database (pubmed, embase, googlescholar, science direct, dll), dengan, 2. teregistrasi pada data base atau jurnal tertentu (misal: medscape, Nature, SAGE, NEJM, dll) untuk mendapatkan artikel atau topik yang sedang hangat secara pasif,tentu saja setelah anda mengaktifkan fasilitas “email alert” pada database atupun jurnal ybs.
Apa bedanya ? Aktifitas pertama berkaitan dengan kebutuhan anda akan artikel pada satu topik tertentu, sehingga anda akan pergi ke google, pubmed, dll, memasukkan kata kunci tertentu dan setelah itu anda mendapatkan pilihan artikel. Di sisi lain, pada aktifitas kedua, anda pada posisi yang pasif untuk menerima informasi mengenai topik2 yang hangat dan terbaru. Utk yang kedua ini,anda mungkin tidak membutuhkannya sekarang, tapi percayalah, suatu saat anda akan membutuhkan informasi tadi. Dan anda mungkin akan terkejut dengan fakta2 baru yang hadir di hadapan anda.

Seperti biasa, tiap dua hari sekali saya akan mendapatkan beberapa email dari Medcape berisi artikel berupa full text maupun artikel kesehatan yang ditulis oleh jurnalis kesehatan membahas satu topik tertentu. Untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan link/tautan dari salah satu dari sekian banyak artikel yang saya terima dari Medscape. Artikel ful text tersebut berjudul “Key Articles Related to Complementary and Alternative Medicine in Cardiovascular Disease: part 1”, dari jurnal Pharmacotherapy, yang merupakan official jurnal dari American College of Clinical Pharmacy. Dari judulnya kita bisa tahu bahwa artikel tersebut berisi key articles tentang evidence dari complementary alternative medicine (CAM), seperti: Co-Q10,Garlic,Fish Oil, Ginko Biloba untuk kasus Cardiovascular Disease (CHF, CAD, dyslipidemia, hypertension, dll). Termasuk di dalamnya adalah original research, review articles, consensus documents, and abstracts from landmark studies. Untuk part 1 berisi tentang efikasi, sedang part 2 (belum dipublikasi) berisi tentang interaksi dan adverse effect dari CAM. Tautannya bisa silahkan dilihat di http://www.medscape.com/viewarticle/715183_print

Ingin evidence terbaru muncul otomatis di inbox mail anda ?
Jangan lewatkan kesempatan menarik ini…one way to be life long learner…
Semoga terprovokasi

ttd
Tunggul Adi P
(bukan) marketing Medscape

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: