How to keep in touch with recent evidence

Berdasarkan prinsip evidence based clinical practice, keberadaan evidence merupakan salah satu faktor penting (selain clinical expertise) yang akan menentukan kualitas praktik pelayanan kesehatan yang akan diterima oleh pasien.
Evidence bisa berasal dari berbagai sumber antara lain jurnal penelitian, text book, dan proceeding conference baik yang berupa electronic type maupun printing type.
Saat ini, penelitian tentang kesehatan bisa dikatakan menjadi salah satu area penelitian yang sangat luas dan sangat aktif. Buktinya adalah, jurnal-jurnal dengan impact factor 10 besar tertinggi, mayoritas diisi oleh jurnal yang berkaitan dengan kesehatan (contoh: NEJM, Lancet, JAMA, Ann Intern Med). Dengan melimpahnya jumlah evidence ditambah dengan sangat pesatnya evidence baru muncul baik yang sejalan atupun bertentangan dengan evidence sebelumnya, selalu update dengan hasil penelitian terbaru merupakan suatu keniscayaan. Text book bisa digunakan untuk memahami konsep-konsep dasar, tetapi tidak akan bisa berkejaran dengan kecepatan bertambahnya evidence baru. Referensi pada text book paling tidak berusia 1 tahun sebelum buku tersebut diterbitkan. Apalagi jika kita berharap dengan tersedianya buku berbahasa Indonesia, yang mana memerlukan waktu lebih lama untuk sampai ke tangan kita. Bisa dibayangkan, sesampainya di tangan kita fakta-fakta yang ada di buku tersebut sudah terbantahkan dengan fakta-fakta baru.
Artinya, kita harus update dengan rajin membaca artikel dari jurnal. Masalahnya, jurnal-jurnal yang ada ditulis dalam bahasa Inggris. Memang ada jurnal-jurnal berbahasa Indonesia, tapi biasanya dalam bentuk hard copy, dan menjadi sulit untuk diakses lewat internet. Untungnya dikti telah mengeluarkan database elektronik jurnal bernama garuda (silahkan lihat di: http://jurnal.dikti.go.id/). Itu baru masalah ketersediaan dan akses, belum ke masalah kualitas artikel-artikel yang ada. Mau tidak mau kita harus mau dan mampu membaca dan memahami artikel berbahasa Inggris.
So: pesan pertamanya adalah jangan alergi dengan bahasa Inggris.
Cukupkah sampai di situ ? ternyata ada masalah lain yang muncul. Kita sudah punya motivasi yang kuat untuk membaca artikel di jurnal internasional, namun ketika kita akan membacanya,kita diharuskan merogoh kocek cukup dalam untuk mengaksesnya. Beruntung jika kita berada di institusi yang berlangganan dengan jurnal yang kita inginkan. Bagaimana jika tidak ? jangan patah semangat…jika ada kemauan, pasti ada jalan.
Untuk masalah kesehatan, saya merekomendasikan medscape untuk menjadi pintu masuk anda mendapatkan informasi. Silahkan menuju ke http://www.medscape.com/ kemudian lakukan registrasi. Jika sudah, silahkan anda mengeksplorasi fitur-fitur yang ada didalamnya (contoh: drug interaction checker, drug reference, resource centers). Fitur lain yang sangat menarik adalah medscape akan secara rutin (hampir setiap hari) mengirimi anda berita-berita terbaru melalui email anda. Berita-berita tadi bisa berupa tulisan jurnalis kesehatan tentang hasil penelitian terbaru; full-text article; ataupun tayangan video pembahasan suatu topik oleh pakar. Bagaimana caranya untuk memperoleh fasilitas tersebut ? setelah anda teregistrasi, dan masuk ke halaman muka medscape, pada sisi kanan atas, anda akan menjumpai tulisan “newsletters”, di sebelah tulisan “logout”. Silahkan klik, dan akan disuguhi pilihan topik berita yang akan anda terima lewat email. Centang pada topik-topik yang anda inginkan. Yang menarik lagi, medscape juga terhubung dengan banyak jurnal. Klik “journals” dan anda akan terhubung dengan banyak pilihan jurnal. Silahkan pilih salah satu jurnal yang ada, dan anda akan disuguhi archive/arsip jurnal yang bersangkutan. Di dalamnya, ada pilihan “show only full text on Medacape”, silahkan diklik, sehingga muncul archive full-text article yang diposting ke medscape, dan kita bisa mendapatkannya secara….gratis, seperti juga fitur2 lainnya di medscape.
Cara lain untuk dapat gratisan adalah dengan melakukan registrasi pada jurnal-jurnal tententu atau pada database tertentu. Database/publisher adalah suatu gateway untuk menuju jurnal tertentu yang dikoordinir di dalamnya. Ada jurnal yang tidak terikat oleh database tertentu, ada juga yang merupakan bagian dari database. Contoh database/publisher adalah: Science direct, Nature Publishing Group, Springer Link, Willey, SAGE, dll. Jika kita teregistrasi, ada fasilitas dimana kita akan dikirimi email “alert”, berisi artikel-artikel yang dimuat pada edisi terbaru jurnal yang bersangkutan. Dan biasanya, akan ada beberapa artikel yang gratis. Pengalaman saya, beberapa database/publisher juga melakukan promosi. SAGE pernah melakukannya dengan menggratiskan akses ke seluruh jurnal yang ada di dalamnya dalam jangka waktu 1 bulan. Pada waktu itu, beban tugas kuliah menjadikan saya tidak sempat mengeksplorasi kesempatan itu secara maksimal. Hanya beberapa artikel terkait dengan tugas kuliah/thesis yang saya download. Rekomendasi saya: silahkan registrasi ke NEJM, Lancet, JAMA, Nature, SAGE.
Media social networking seperti facebook dan twitter juga menjadi tempat untuk dapat terhubung dengan komunitas tertentu. Untuk sejawat apoteker, saya merekomendasikan American College of Clinical Pharmacy dan American Society of Health-System Pharmacist di facebook untuk dijadikan fan oleh anda.
So: pesan nomor dua, milikilah akses internet yang handal
Jika dengan cara2 di atas anda masih belum bisa mendapatkan artikel yang anda inginkan anda bisa menapatkannya dengan menghubungi penulisnya langsung atau menghubungi teman2 anda yang berada di tempat tertentu di mana institusi mereka berlangganan dengan jurnal yang anda inginkan. Tempat tertentu, maksudnya di luar Indonesia…🙂.
Untuk masalah ini, ada note yang sangat bagus yang ditulis oleh Sunu Wibirama, kawan saya sesama mahasiswa di Thailand (http://www.facebook.com/note.php?note_id=251238921061)
So: pesan ketiga dan keempat, belajarlah menulis surat yang baik dan perluaslah jaringan pertemanan kita.

Semoga bermanfaat
Pesan yang paling penting: SELAMAT MENCOBA….

    • resti dwi m
    • July 14th, 2011

    insyaalloh pa🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: